ANAK ANDA SUSAH MAKAN? Klik Disini untuk Solusinya!
Powered by MaxBlogPress 

Anak - Balita - Bayi

Alergi pada bayi

Bayi Alergi

Alergi kadang menjadi hal yang diremehkan oleh para orangtua, karena dianggap hal yang sudah biasa. Padahal alergi ini bisa menjadi bahaya yang mengancam kehidupan anak kita jika kita tidak segera mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Apa sebenarnya alergi itu?
Alergi merupakan suatu reaksi imunne yang terjadi terhadap suatu substansi yang ada di lingkungan yang disebut juga dengan allergen. Jika seorang anak atau bayi yang memiliki alergi melakukan kontak dengan allergen-nya, baik dengan cara bernafas, menyentuh, memakan, atau dengan disuntikkan, tubuh akan secara serta merta melihat ini sebagai hal yang berbahaya dan mengeluarkan histamines dan bahan-bahan kimia lainnya untuk melawan zat tersebut.

Hal ini akan menyebabkan beberapa reaksi, antara lain : gatal-gatal, muntah, diare, bahkan kesulitan bernafas yang kadang dapat mengancam jiwa.

Pada bayi, makanan yang paling sering menimbulkan alergi adalah protein pada susu sapi, alergi ini biasanya ditandai dengan timbulnya ruam, bercak merah pada kulit, dan muntah, diare, terkadang sembelit, rekasi pada tiap anak berbeda-beda.
Tanda-tanda yang harus kita perhatikan pada bayi adalah setelah memakan makanan jenis tertentu apakah bayi terlihat rewel, terlihat kesakitan pada perut seperti mengalami kolik, merah pada dubur, atau kadang meludah terlalu sering.

Jika anda atau keluarga memiliki riwayat alergi, maka kemungkinan besar bayi anda juga mengidap alergi. Sebenarnya untuk mengatasi hal ini tidaklah susah, berusahalah untuk memberikan ASI eksklusif paling tidak 6 bulan pertama. Hal ini akan membantu daya tahan tubuh / immune bayi dan mengurangi resiko alergi pada bayi.

Jika anak anda mengalami reaksi alergi, segera tanyakan ke dokter yang ahli menanganinya, jangan serta merta mengganti susu formulanya. Karena alergi bisa disebabkan oleh banyak hal.

Comments

39 Responses to “Alergi pada bayi”

  1. mardi u on August 15th, 2009 8:30 am

    slamat pgi, saya mempunyai anak umur 2bulan lebih, anak saya mengeluarkan tanda” bintik kemerahan dan ada juga yang berwarna kehitaman,yang ingin saya tanyakan apakah ini sejenis penyakit atau alergi?

  2. Admin on August 22nd, 2009 1:38 am

    selamat malam bapak,
    bintik merah itu bisa alergi, bisa juga karena hal lain. Saya sarankan bapak menemui spesialis anak bapak untuk masalah ini, karena ada beberapa tes yang harus dilakukan untuk menentukan penyebabnya..

  3. SARI WIDAYANTI on September 1st, 2009 3:05 pm

    asslm….saya ibu dari FATTAN 10 bulan,anak saya sering mengalami kemerahan pada kulitnya saya konsultasikan kedokter katanya anak saya kena alergi kulit tetapi kenapa ketika semua makanan yang menyebabkan alergi dihentikan tetapi kulitnya masih sering timbul kemerahan saya jadi khawatir,alergi apakah yang terjadi pada anak saya?kemerahannya seperti kena gigit nyamuk

  4. Admin on September 4th, 2009 12:58 am

    Ibu, apakah anak ibu tidak mendapatkan ASI? Kemerahannya sampai separah apa? masalah ini saya yakin dokter spesialis yang menangani anak ibu yang lebih tahu. Namun sekedar informasi untuk ibu, anak yang mendapatkan ASI biasanya lebih tahan terhadap alergi, apakah kemungkinan dia tidak cocok dengan susu formula yang digunakannya? Terkadang kulit bayi memang masih sensitif, penggunaan cream bayi seperti ‘SEBAMED baby’ atau ‘KLORANE bebe’ bisa membantu mengatasi merah-merah yang terjadi pada kulit bayi (biasanya pada muka). Namun jika kemerahan ini memang karena alergi tertentu, maka dokterlah yang bisa membantu ibu mencari jawabannya

  5. tary on September 4th, 2009 11:42 am

    anak saya sekarang berusia 49 hari, dari pertama lahir hingga sekarang dia tidak mengkonsumsi asi karena alasan tertentu. kulit wajah anak saya kemerahan dan berentus, tapi ga banyak. tadinya di kening ama daerah mata dan alis, saya pikir biang keringat, makanya tiap 2x sehari mandi, dan dilap mukanya. tdnya saya ga nyalain AC krn takut anak saya masuk angin, tapi lama2 kasian juga dianya jd kegerahan, makannya saya nyalain AC nya. sekarang berentus di jidatnya hilang. tapi seminggu kemaren berentus merahnya ada lagi disekitar mata, tp sekarang udah ga merah, tp masih berentus, yang berentusan cuma wajahnya aja, terus kemaren kan habis cukuran 40 hr, di tengkuk kepalanya banyak tanda merah, kalo saya sekeluarga yakin kalo itu tanda lahir, tapi kata yang cukur rambutnya itu mah karena keringat. saya bingung apa anak saya alergi susu sapi atau cuma biang keringat. keliatannya sich dia ga ada reaksi gatal2, muntah, tp kalo muntah juga orang sunda bilang olab, kebanyakan minum susu, terus ga rewel, biasa aja, saya takutnya kan kalo anak alergi takut sulit bernafas yang mengancam jiwa. sebenernya saya agak berat kalo anak saya pindah jadi minum soya. sekarang anak saya minum S-26 Gold, saya takut kalo pindah ke soya, perkembangannya kurang maximal. bukan apa2 sodara saya waktu dr bayi minum S-26(dulu ga ada Gold), terus udah gedenya, tubuhnya sehat ama pinter, adenya minum merek tertentu, kalo dibandingin beda, ibunya sendiri yg bilang. saya pernah baca kalo bayi dibawah 6 bln blm boleh minum soya. apa dengan keadaan anak saya sekarang saya bisa maju terus pantang mundur pake S-26 Gold, karena anak saya rakus sekali minumnya, dan lagi saya udah bandingin ama susu yang lain wyeth paling juara, kan ini menyangkut masa depan anak saya. waktu lahir beratnya 2,9kg pnjng 49cm, sekarang udah 49 hr pnjngnya 60cm beratnya 4,6kg.

  6. Admin on September 5th, 2009 10:14 am

    Mbak Tary, saya sarankan mbak periksakanbintik merah itu ke dokter spesialis anak yang menangani anak mbak dulu. Kemungkinan kemerahan itu bukan disebabkan oleh alergi. Kalau alergi biasanya kemerahannya bukan cuma di muka saja, dan bisa disertai batuk, muntah, atau lainnya. Jika ternyata penyebabnya adalah susu formulanya, maka harus diganti, dokter anak dapat membantu mencarikan susu yang terbaik untuk anak mbak. Masalah kecerdasan anak nantinya mbak tidak perlu khawatir, karena susu formula jaman sekarang sudah banyak yang bagus.

  7. tyas on October 18th, 2009 11:48 am

    anak saya umur 11bulan,,tp knp ya 3 hr ini timbul bercak2 merah dikulitnya,,,sperti digi2t semut,,kadang ilang dan berpindah2 tempat,,trus 1 hr ini bab kok sering (2x) biasnya sehri 1x, berwrna kuning dan agak berlendir,,,bau,,,anak sya juga sering buang angin,,apakah anak sya alergi terhadap sesuatu,??pdahal susu formula td pernh ganti,,minum asi juga cuma smp umur 2bln…

  8. Admin on October 30th, 2009 2:57 pm

    hai mbak Tyas,
    ada kemungkinan dia alergi dengan suatu jenis makanan tertentu, misal daging ayam, atau seafood. Untuk mengetahuinya mungkin mbak harus lebih teliti dalam memberikan makanannya. Perhatikan apakah dia merah-merah hanya jika mbak memberi makanan tertentu?

  9. ERNI on December 9th, 2009 3:55 pm

    Ass…
    Anak saya usia 2,5 bln, ketika usia 1,5 bln dia terserang batuk pilek kemudian saya bawa dia ke DSA ternyata anak saya alergi terhadap debu sehingga saya dilarang utk konsumsi bayam, jeruk, tomat, kacang2an dan seafood. setelah berobat 2x n diberi obat racikan batuknya berkurang. tapi tenggorokannya sepertinya ada dahaknya kalo dia bernafas padahal saya sdh hindari smua pantangan dan anak saya cuma minum ASI.
    gimana caranya menghilangkan dahak di tenggorokan anak saya itu?? oh ya anak saya BAB nya 4 hari sekali apa normal?? tapi BAB nya tidak keras (lunak seperti pasta). makasih…

  10. Admin on December 10th, 2009 8:43 am

    hai ibu.., kalo nafas seperti ada lendir biasanya itu gpp untuk bayi seusianya, namun yang saya khawatirkan itu kenapa BAB nya 4 hari sekali.., itu tidak normal bu, anak normal paling tidak kebelakang sehari sekali.
    Sebaiknya ibu konsultasikan dgn spesialis anak ibu masalah ini

  11. Syakiri on December 14th, 2009 12:30 pm

    Halo..anak saya raihan umur 3 bulan sudah diberi susu formula BMT morinaga..awal pemberian timbul merah2 pada seluruh badan setelah itu bercak2 hilang dengan sendirinya sampai sekarang cuman kadang2 napasnya bunyi grok..grok..
    saya coba susu kedelai (nursoy wyeth) langsung timbul kemerahan pada seluruh badan…dan badannya agak anget..
    diperiksakan ke SPA dan diberi obat anti alergi tetes..
    pertanyaan saya: apakah anak saya alergi susu sapi ataukah susu kedelai yg lebih menyebabkan alergi
    apakah pemberian obat anti alergi aman bagi bayi?
    terima kasih

  12. rani on January 21st, 2010 3:25 pm

    anak saya skr umur 4 bln,waktu umur 2 bln dia kena pilek berturut turut dan saya priksakan ke dokter ternyata di sarankan ganti susu enfamil HA yg semula waktu lahir saya kasih BMT Morinaga dan tdk ASI krena sebab tertentu,tp tetap aja smpai skr pileknya gak hilang meski agak berkurang dr yg dulu,apa susu Yang HA tetap ada susu sapinya ato diganti yg soya aja?

    tq

  13. desi on March 1st, 2010 9:23 pm

    salam,anak sy skrg usianya 5bln dan sejak usia 4 bln sy beri susu formula,krn sy sudah mulai masuk kerja full. 2 minggu pertama minum susu formula,dia ga pa-pa. tp dah hampir sebulan ni dia terserang batuk (diserang klo malam,sampe dia muntah karna batuk) dan di daerah jidat,lengan dan kakinya banyak bercak merahnya. saya ke dokter,cuma dikasih obat batuk+salep kulit,tp tdk diberitahu anak sy knp. pertanyaaan sy,apakah anak sy alergi susu tsb?

  14. Admin on March 4th, 2010 3:15 pm

    kalo dari gejalanya, anak ibu alergi terhadap susu nya..

  15. tips anak on July 31st, 2010 12:42 pm

    ..artikel yg menarik..mohon ijin trackback dari web sy jika sy buat artikel yg mirip tapi tentunya bukan copy paste..
    Sekalian kalo boleh tukaran link..kebetulan blog kita satu tema..
    kalu setuju silahkan kontak sy di halaman “Kontak Saya” di http://www.tips-anak.com
    thanks

  16. Admin on July 31st, 2010 12:54 pm

    silakan bu, terimakasih

  17. Imel on December 16th, 2010 2:42 pm

    MEt siang buk,,,
    saya punya anak umur nya 2,8 thn,,
    sy ingin ty nich,knp ya anak sy klo stelah mkn daging ayam,tubuhnya selalu mengeluarkan bintik-bintik merah n gatal yg setelah kering akan jd hitam,,,
    trus,penyakit apa ya kira-kira klo telapak tangan & kaki selalu basah alias keringatan padahal dia tdk sdg aktif dgn kt lain sdg duduk diam ato tertidur,,,
    mohon bantuannya,,,
    terima kasih,,,
    by Imel – Dumai Riau

  18. tedi on March 1st, 2011 11:27 am

    salam kenal anak saya baru 2th, kalo tidur suka ngorok kayak lagi pilek, padahal siang hari sehat2 aja kenapa ya! apakah ini berbahaya dan gimana cara mengatasinya?

  19. Bizetc on March 21st, 2011 1:14 am

    Kasihan juga tuh bayi nya .. alhamdulillah ponakkan saya gak kena alergi.. btw tips nya sederhana bget mbak.. makasih

  20. Mulyana on May 17th, 2011 7:28 pm

    slmt malam dok sy punya bayi berusia 5 bulan sejak usia 3 minggu anak sy kena filek dan batuk berdahak waktu itu sy bw ke dokter umum terus diksh obat batuk dan flu setelah minum obat batuk dan fileknya smbuh tapi dahaknya msh ada smpai skrg padahal udah di uap 3 kali kira2 kenapa ya dok anak saya ko nafas nya kalau pagi2 grogok?

  21. silvia pratama on May 30th, 2011 9:14 am

    kulit kepala bayi saya sering bengkak dan sering gatal, apakah penyebabnya?????

  22. Ika on June 4th, 2011 1:19 pm

    anak saya usia 6 bln, mulai sy berika makanan pendamping ASI. Mula2 bubur instant, tp kemudian muncul bercak2 merah sekitar mulut, sampai sy ganti merk hal sama pun tetap terjadi. Akhirnya sya buatkan bubur sendiri dg sy tambah susu formula sbg pemanis, tetap sj bercak2nya muncul. Kemudian saya coba membuat sdikit susu formula & sya oleskan di skitar mulut si kecil. Benar adanya, bercak2 itupun muncul. Sekarang saya buatkan si kecil bubur dg pemanis dr pisang atau wortel, alhamdulillah bercak2 itu tidak muncul lagi. Jd apa bs disimpulkan bahwa anak saya alergi susu formula? Apa solusi sbg pengganti ASI jk anak saya tinggal kerja? Terima kasih.

  23. Aji Novianto on July 4th, 2011 5:14 pm

    Mau tanya nih, anak saya 7bln, Lidahnya ada kayak bekas dot dgn warna putih (seperti bekas kebakar/panas) serta ada bintik hitam 3 titik seperti bekas luka. Saya sudah konsultasi ke 2 dokter. Yang pertama praktek di Rumah Sakit bilangnya gpp, nanti juga hilang. Tp dokter yang satunya, praktek dirumah bilang kl itu tanda bekas alergi susu dan menyarankan untuk di cek di lab apakah alergi protein atau ga…
    Nah mana yang benar?

  24. cynthia on July 22nd, 2011 8:46 am

    iya anak saya alergi udara dingin kl dingin pasti lsg bersin bersin dan sampai sekrg sie sama susu ga ada maslah ya saya memberikan sufornya yg ga terlalu manis krn dia kl minum terlalu manis suka batuk

  25. irene on July 22nd, 2011 9:05 am

    anak saya alergi sama telor sie tp kadang takut juga kl susu alergi juga ga ya / saya cari susu yg bener bener cocok buat anak saya dan satu lagi anak saya kurang begitu suka manis dan akhirnya saya nemuin anmum yg no added sugar untung anak saya cocok dan mau kl ga mau bingung juga cari susu yg ga terlalu manis lg

  26. vgmerry on July 22nd, 2011 11:29 am

    Anakku saat mulai mpasi aku kasih gasol yg kedelai sempat alergi, mulut dan perutnya kluar bintik2 merah, sampai muntah juga, lsg aku berhentiin. Nyangkain susu sapi aja yg bisa bikin anak alergi, ternyata kedelai juga bisa….

  27. sheila on July 22nd, 2011 11:43 am

    Aku alergi debu, asma juga, gmn yah cara hindari agar anakku ga alergi juga. Aku sih da kasih anakku asix dengan harapan daya tahan tubuhnya lebih bagus. Skrg anakku uda 2 thn lebih, aku kasih susu juga yg tanpa gula tambahan, biar ga jauh ama asi

  28. esti on July 22nd, 2011 12:20 pm

    wah ternyata alergi pada susu itu macam” ya gejalanya….anakku si uda ganti” susu beberapa kali ga masalah cuma memang susu lamanya rasanya manis banget jadi sering batuk…..pas aku ganti sama susu lain yg ga manis uda ga pernah batuk lagi tu…apa mungkin susu lamanya itu ada pemanis buatan ya?

  29. marie on July 22nd, 2011 12:42 pm

    untungnya anakku ga alergi yg macem” si tapi tetap aku jaga makanan dan minumannya kan sekarang lagi marak tu di makanan ada bahan pengawetnya, banyak msg, pemanis buatan dll…..

  30. dinda on July 22nd, 2011 2:50 pm

    Terima kasih yah buat infonya…
    Kalau gitu mesti pintar2 cek label sufor yah….

  31. Intan on July 22nd, 2011 4:19 pm

    boleh tanya? apakah ada tindakan pertama yang harus dilakukan kalau anak kita timbul alergi? sebelum kita membawa ke dokter ahlinya? apakah benar pemberian bedak kulit bisa mengurangi rasa gatal?

  32. Evi on July 22nd, 2011 4:21 pm

    mau tanya anakku kalau sehabis mengkonsumsi udang maka disekitar daerah bibir nya akan pecah2, kadang sampai luka2. apakah itu merupakan salah satu alergi juga? apakah ada penanganan khusu selain membawa ke dokter ahli? apakah masih boleh kalau aku kasih makan udangnya lagi?

  33. yuna on July 22nd, 2011 7:58 pm

    baru baca di blog tetangga..bahwa susu yg tanpa laktosa/gula tambahan itu aman digunakan bagi anak yg alergi laktosa dan juga yg sedang diare..
    kebetulan anak saya memang sudah mengkonsumsi susu yg tanpa gula tambahan,karena setelah tau efek kurang baik dari gula tambahan..(karies gigi,obesitas bahkan diabetes)..saya jadi kuatir kalau anak saya meminum susu yg ada gula tambahannya..

  34. rahayu on July 22nd, 2011 9:14 pm

    agar alergi anak tidak mudah kambuh, lingkungan anak harus dijaga kebersihannya dan juga daya tahan anak harus diperkuat..dengan memberinya makanan 4 sehat 5 sempurna, dan juga vitamin jika diperlukan..
    untuk memaksimalkannya,sebaiknya susu anak juga yang no added sugar karena gula tambahan juga bisa menimbulkan reaksi alergi berupa batuk2..

  35. riany anche on July 22nd, 2011 9:26 pm

    memang jangan diremehkan, walau kelihatannya hal sepele tapi bisa berdampak juga untuk kehidupan anak, jika kita tidak segera mengambil tindakan untuk mengatasinya. sama halnya seperti dengan susu..jika kita tidak pilih2 susu yg baik untuk pertumbuhan anak, yang kaya akan gula tambahan, yang ada anak kita bisa gemuk karena obesitas lagi bukan gemuk karena sehat

  36. sitti nabilla on July 22nd, 2011 9:30 pm

    mau tanya dong kalau alergi karena susu formula bisa ga? soalnya waktu baru lahir karena ASI saya sedikit bermasalah, hari pertama dan kedua di rumah sakit anak saya, saya kasih susu formula dan waktu mau pulang dari rumah sakit badannya pada merah2 pdhal sebelumnya ga begitu..thx’z.

  37. anissa zhafira on July 22nd, 2011 9:47 pm

    kira2 kalau alerginya dari susu formula, dampaknya apa yah selain kulit merah2??

  38. Astry on July 23rd, 2011 1:25 pm

    Sylom. . .Mau tx nih.Ank sy alan umur 3 bln sjak 2 bln minum susu formula.Sdh 2 minggu berak2 kdng 4-5x dlm shari tiap hbs minum susu pasti berak lg.Sy sdh ganti susu formulax tp msh aja gt .Sy bwah kdokter tp gak ada reaksi obatx.Doktr anjurkan tiap hbs brak dksh oralit 1/2 glas.Mau tx apa gak ada efekx sm byi klw sering minum oralit?Tx

  39. astono on April 22nd, 2013 10:27 pm

    assalamualaikum wr.wb aq mau nanya aq mengadopsi bay yang saat ini baru berusia 8 bln dan q mw nanya m dokter kenapa bayi terkena alergi di saat minum susu yang bukan soya gimana cara mengatasinya

Tinggalkan komentar Anda





17 queries