Panduan Menu Makanan Bayi s/d Balita
Powered by MaxBlogPress 

Anak - Balita - Bayi

Imunisasi Bayi

vaksin
Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Kesehatan memang modal utama untuk memulai kehidupan ini dengan lebih baik. Karena itu sebagai orangtua kita tidak boleh melupakan imunisasi bagi bayi dan anak kita, karena imunisasi ini amat berguna untuk melindungi anak kita dari berbagai virus yang mengancam kehidupannya.
Ada baiknya kita mengetahui manfaat macam-macam imunisasi yang disarankan dokter bagi anak kita.

  1. Vaksin BCG. Vaksin yang berguna untuk mencegah penyakit TBC
  2. Vaksin Hepatitis B. berguna untuk melindungi dari virus penyebab penyakit hepatitis B
  3. Vaksin Polio. Melindungi dari polio yang menyebabkan kelumpuhan
  4. Vaksin DPT. Melindungi anak dari difteria (infeksi tenggorokan dn saluran pernafasan yang fatal serta berpotensi menyebabkan kematian), pertusis (batuk rejan) dan tetanus
  5. Campak. Mencegah penyakit campak
  6. Pneumokokus (PCV). Melindungi bayi dan balita dari penyakit Invasive Pneumococcal Disease (IPD) yang disebabkan oleh bakteri streptococcus pneumoniae yang menyebar melalui darah dan bersifat merusak (invasive). Jenis penyakit yang tergolong IPD adalah radang paru (pneumonia), radang selaput otak (meningitis), dan infeksi darah (bakteremia).
  7. Vaksin Hib. Melindungi bayi dan balita dari serangan meningitis, pneumonia, dan epiglotitis
  8. MMR. Melindungi batita dan anak-anak dari campak, gondongan, dan rubella (campak jerman)
  9. Tifoid. Melindungi batita dan anak-anak dari penyakit tifus
  10. Influensa. Melindungi bayi dan anak-anak dari kemungkinan terkena flu berat (penyakit yang disebabkan oleh virus influensa)
  11. Varicella. Melindungi anak-anak dari penyakit cacar air
  12. Hepatitis A. melindungi batita dan anak-anak dari penyakit hepatitis A
  13. HPV. Melindungi anak-anak dari virus Human Papiloma Virus (penyebab kanker serviks)

Comments

14 Responses to “Imunisasi Bayi”

  1. Helen on July 14th, 2009 11:47 am

    Anak say usia 11 bln, bln depan ada jadwal imunisasi cacar. Yg ingin sy tanyakan, bgm dgn imunisasi cacar air ? Apakah itu sama dgn imunisasi campak ? Tolong di balas, terima kasih.

  2. Admin on July 20th, 2009 2:05 am

    dear Helen,
    silahkan baca artikel kami mengenai campak dan cacar
    semoga dapat menjawab pertanyaan Helen..

  3. yosefin asih wulandari on July 24th, 2009 1:03 pm

    anak saya usia 10 bulan.untuk iminisasi dasar sudah komplit.nanti ketika usia 12 bulan,imunisasinya dilanjutkan lagi.kata teman saya, imunisasi MMR dapat menyebabkan anak autis.Apakah itu benar???

  4. Admin on July 25th, 2009 5:36 pm

    Tidak benar itu.., semua imunisasi ditujukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Jika Yosefin menemui kasus seperti itu, kita harus bijak memandangnya. Kemungkinan sudah ada bawaan sejak lahir namun belum terlihat, dan kebetulan setelah vaksinasi gejala sudah semakin terlihat. Saya yakinkan tidak ada vaksinasi yang justru menyebabkan seorang anak menjadi autis. Justru menurut saya vaksinasi harus kita patuhi jadwalnya, jangan sampai terlewat, karena amat berguna untuk melindungi si kecil dari virus-virus yang berbahaya.

  5. sumardi u on August 15th, 2009 8:21 am

    slamat pagi ,saya ingin menanyakan anak saya mempunyai tanda bintik kemerahan dan warnanya ada yang hitam,di hidung, kaki, lengan, apakah ini sejenis penyakit atau hanya elergi, dan bagaimana solusinya?

  6. mariani on November 26th, 2009 1:01 pm

    anak saya se3karang umur 8 bln hrs nya waktu usia 7 bln kmrn harus imunisasi dpt k3 tp karna smp skrng masih batuk filek jd sya blm imunisasi, bahaya kah klo terl;ambat maksih

  7. Admin on November 29th, 2009 5:12 pm

    hai ibu Mariani,
    sebenarnya selama anak ibu tidak panas badannya, dia tetap boleh mendapatkan imunisasi. sebaiknya ibu bawa dia ke dokter langganannya untuk diperiksa, jika menurut dokter bisa diimunisasi kenapa harus ditunda.., yang ditakutkan jika terserang virus dan dia belum mempunyai kekebalan akibat belum diimunisasi kan kasihan, karena pengobatannya menjadi lebih susah

  8. AdityaFajar.com on February 21st, 2010 12:50 pm

    Kepada Admin. Saya berpikir bahwa setiap orang tua berhak tahu apa yang terkandung dalam vaksin. Walau anda berpendapat bahwa vaksinasi aman, namun dalam kenyataannya, vaksin masih memiliki kandungan merkuri yang justru menyebabkan kerusakan otak (termasuk autisme).

    Para orang tua saya sarankan untuk mencari tahu lebih jauh tentang vaksin. Bacalah info-info tentang potensi kerusakan yang bisa disebabkan oleh vaksinasi.

    Ini tentunya bukan untuk menakut-nakuti, namun kita sebagai orang tua mempunyai pilihan.

    Saya berpikir, semakin banyak anak kita di vaksinasi dengan ini dan itu, justru malah melemahkan daya tahan tubuhnya (jadi gampang sakit).

  9. Admin on February 22nd, 2010 10:25 am

    Dear Pak Fajar,
    Semua orang boleh memiliki pendapatnya masing-masing. Saya setuju bahwa kita harus mencari tahu apa kandungan dan kegunaan vaksin yang diberikan kepada anak kita. Jadi sebagai orangtua kita bisa tahu dan paham ‘barang’ apa yang disuntikkan ke tubuh anak kita itu.
    Namun jika anda memiliki pendapat bahwa vaksin justru melemahkan daya tahan tubuh, saya sangat tidak setuju! Menurut saya itu adalah pikiran yang picik. Mungkin jika anda sudah mengalami memiliki anak yang terserang virus, dimana sebenarnya anak anda bisa diselamatkan seandainya dia sudah menerima vaksinasi, baru anda akan menyadari seberapa pentingnya memberikan vaksinasi bagi anak..!

  10. AdityaFajar.com on February 24th, 2010 1:52 pm

    Dear Admin,
    Saya tidak mengatakan bahwa vaksinasi tidak perlu dilakukan. Namun sebagai orang tua, kita juga berhak tahu mengenai kandungan vaksin yang (mungkin) bisa menyebabkan kerugian bagi anak kita (salah satunya merkuri).

    Saya juga tidak mengatakan bahwa vaksin serta merta akan melemahkan daya tahan tubuh, tapi jika kita memvaksinasi anak sampai dengan belasan (atau malah puluhan) vaksin, bukankah wajar jika ada kekhawatiran kalau vaksinasi semacam itu berpotensi untuk punya efek samping yang tidak diinginkan? Karena faktanya adalah, vaksin mengandung bahan-bahan kimia, seperti layaknya obat.

    Oh ya, saya menulis ini bukan untuk menyerang anda ataupun mendiskreditkan vaksinasi. Tapi lebih kepada berbagi informasi untuk kebaikan bersama. Saya mengungkapkan ini setelah menggali lebih jauh tentang vaksinasi dan membaca medical reviews untuk mendapatkan an alternative view.

    Ucapan anda yang menjudge saya sebagai orang picik menurut saya sudah keluar konteks. Anda tidak setuju silakan saja, tetapi tidak perlu dengan nada emosional dan menghakimi.

  11. Admin on February 25th, 2010 1:39 pm

    Dear Pak Fajar.
    Terimakasih atas masukan dan kritik Anda. Maafkan pernyataan kami sebelumnya jika kurang berkenan.

  12. yulie on August 18th, 2011 7:10 am

    anak saya lhr tgl 10-06-2011.
    dan kapan jadwal yg tepat untuk mendapatkn imunisasi?. … dan apa boleh saat bayi kita kena flu misalnya di imunisasi,…….. terima kasih atas jawabanya,…….

  13. yulie on August 18th, 2011 7:19 am

    assalamualaikum,…….. saya ingin menanyakan anak saya yang baru berumur 2 bln, ada bintik putih dan dilamnya kayak ada nanah sedikit, terdapat pada bagian pipi dan juga telinga,. agak keras seperti jerawat, berbahayakah itu?,…. dan bagaimana cara penyembuhanya?,… terima kasih sebelumnya?………

  14. lati on December 13th, 2011 5:46 pm

    membaca komentar pak fajar saya rasa ada benar sebagai orang tua kita harus tahu apa yang disuntikan ke dalam tubuh anak kita .

Tinggalkan komentar Anda





27 queries