Panduan Menu Makanan Bayi s/d Balita
Powered by MaxBlogPress 

Anak - Balita - Bayi

Info Kesehatan Wanita Hamil

Wanita hamil sedang membawa dua nyawa yaitu diri sendiri dan bayi di dalam kandungannya. Oleh karena itulah wanita yang sedang hamil harus menjaga kesehatannya dengan baik. Entah itu kesehatan jasmani dengan selalu makan makanan yang sehat dan teratur, istirahat yang cukup serta kesehatan rohani atau psikologis seperti jauh dari beban pikiran yang berat dan stres.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan wanita hamil adalah, dengan melakukan periksakan kehamilan ke dokter secara rutin. Selain untuk mengetahui kesehatan, pergi ke dokter kandungan secara rutin juga berguna untuk mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan. Kontrol ke dokter ini sebaiknya dilakukan minimal sekali dalam sebulan. Namun jika terdapat keluhan kehamilan dan Anda belum berada di waktu harus kontrol ke dokter, jangan menunda untuk memeriksakan keluhan Anda ke dokter. Hal ini demi menjaga kesehatan kandungan Anda

Ibu hamil juga harus banyak minum air putih, guna membantu pemberian nutrisi makanan dari ibu ke janin di dalam kandungan. Banyak minum air putih ini juga bermanfaat untuk menghindari kemungkinan bayi lahir prematur di semester ketiga kehamilan. Selain itu, penuhilah asupan gizi sebaik mungkin. Ibu hamil pada umumnya mengalami peningkatan kebutuhan 300 kalori dibanding saat sebelum hamil. Tambahan asupan gizi ini bisa didapatkan dari minum susu ibu hamil dan mengkonsumsi sayur serta buah.

Istirahat yang cukup sangat diperlukan oleh ibu hamil. Jika kurang tidur, akan terjadi gangguan pada fungsi tiroid yang menghadapkan seseorang pada risiko kelebihan berat badan. Tidak hanya itu, ibu hamil juga harus menjaga pikirannya agar selalu positif agar terhindar dari stres sehingga akan selalu tampil bersemangat, sehat dan berkarakter.

Setiap ibu hamil pasti menginginkan anak yang sehat dan sempurna. Oleh karena itu kesehatan wanita hamil harus dijaga. Asam folat sangat penting untuk dikunsumsi ibu hamil minimal 400 mikrogram per hari guna mencegah cacat tabung saraf dan tulang belakang pada si kecil. Asam folat bisa didapatkan di dalam sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan brokoli.

Ibu hamil juga harus menghindari beberapa hal demi kesehatan janin sepertiĀ  menjauhi asap rokok, kafein, makanan cepat saji dan gorengan. Asap rokok akan membuat si kecil lahir dengan berat badan yang kurang. Sedangkan kafein akan mengambil cairan dan kalsium yang sangat dibutuhkan janin dari tubuh. Untuk makanan cepat saji, kandungan penyedap yang ada di dalamnya dapat mengaahmbat perkembangan janin dan gorengan mengandung asam lemak trans yang bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

Kesehatan wanita hamil harus dijaga dengan baik agar perkembangan bayi di dalam kandungan bisa sempurna, lahir normal dan lahir dengan sehat. Meskipun kehamilan menambah beban tubuh seorang wanita, sebaiknya ibu hamil tetap beraktifitas seperti biasa dan mengimbangi dengan makan makanan yang sehat serta bergizi juga istirahat yang cukup.

Comments

Tinggalkan komentar Anda





34 queries