Panduan Menu Makanan Bayi s/d Balita
Powered by MaxBlogPress 

Anak - Balita - Bayi

Kanker Serviks

kanker-serviks

Kita belakangan ini sering mendengar mengenai ‘kanker serviks’. Kanker ini memang menjadi momok bagi perempuan. Menurut data, di Indonesia ini diperkirakan setiap satu jam ada satu orang yang meninggal akibat kanker serviks ini.

Kanker serviks atau yang lebih dikenal dengan istilah kanker leher rahim adalah tumbuhnya sel-sel tidak normal pada leher rahim, perubahan untuk menjadi sel kanker memakan waktu lama, sekitar 10 sampai 15 tahun. Kanker ini biasanya terjadi pada wanita yang berusia kisaran 30 sampai dengan 50 tahun, yaitu puncak usia reproduktif perempuan sehingga akan meyebabkan gangguan kualitas hidup secara fisik, kejiawaan dan kesehatan seksual.

Kanker serviks ini disebabkan oleh Human Papilloma Virus atau yang disingkat HPV. Virus ini bersifat onkogenik (menyebabkan kanker).   HPV ini ditularkan melalui hubungan seksual dan melalui penggunaan barang pribadi yang bersamaan, misalnya penggunaan handuk bersama, pakaian bersama. Human Papilloma Virus ini sangat resisten terhadap panas dan proses pengeringan.

Faktor-faktor yang mendukung timbulnya kanker serviks antara lain:

  • Menikah di usia muda
  • Merokok
  • Penggunaan kontrasepsi oral jangka panjang
  • Kehamilan yang sering
  • Penyakit menular seksual

Yang menakutkan dari penyakit ini adalah penyakit ini tidak menimbulkan gejala, sehingga kita tidak dapat mendeteksinya, kecuali kita rajin melakukan cek up. Jika kondisi kanker ini sudah memasuki tahapan yang cukup gawat, maka gejala yang timbul antara lain:

  • pendarahan dari liang sanggama
  • timbulnya keputihan yang bercampur darah dan berbau
  • nyeri panggul dan gangguan atau bahkan tidak bisa buang air kecil

Sekarang sudah ditemukan vaksinasi untuk mencegah kanker serviks ini, bahkan vaksinasi ini dapat diberikan pada remaja putri mulai usia 10 tahun. Tentunya ini berita yang menggembirakan bagi semua wanita. Dengan melakukan vaksinasi ini pencegahan dapat dilakukan, dan bagi wanita yang aktif atau sudah berhubungan seksual harus rutin melakukan pap smear atau inspeksi visual.

Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Comments

45 Responses to “Kanker Serviks”

  1. dian on May 4th, 2009 5:10 pm

    apakah tanda-tanda kanker serviks?

    kalau vagina sering basah terus kotor dan bau apakah itu tanda-tandanya gejala kanker serviks?

    kalau benar bagaimana mengatasinya?

    tolong jawab secepatnya..

    terima kasih

  2. Admin on May 5th, 2009 7:22 pm

    dear Dian,
    gejala yang disebutkan diatas itu hanyalah gejala umum, keputihan juga mempunyai gejala yang sama seperti itu. Untuk lebih pastinya sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk tes lebih lanjut secepatnya. Karena keputihan yang disertai bau tak sedap itu juga tidak baik untuk wanita, dan harus segera diobati.
    terima kasih

  3. tpx_galz on May 8th, 2009 5:35 pm

    makasih infonya

  4. ayie on May 29th, 2009 12:54 pm

    ap pmkaian pmbalut jga mpgaruhi tjadi’y kanker serviks?…..ap sexs d usia muda jga bsa mjdi pnybab’y????????

  5. Admin on May 31st, 2009 7:50 pm

    Apa yang dimaksud dengan penggunaan pembalut? maaf saya kurang paham dengan pertanyaan yang ini. Penyebab pasti terjadinya kanker servik ini tidak bisa dipastikan 100%, namun sex di usia muda juga ditenggarai menjadi salah satu faktor yang memicu terjadinya kanker serviks.

  6. yulia on July 1st, 2009 10:39 am

    saya prihatin banget sma remaja jaman skrang .
    berhubung saya juga masih remaja saya sering nendengar atau pun di ceritakan oleh teman-teman saya klo ganti2 pasangan itu hal yang gampang dan gak ketinggalan jaman ..
    emang sich gg ketinggalan jaman , tapi apa harus melakukan hub intim walau itu pacar ??? ..
    ,. kan diaa bukan suamii kita ?? ,.
    . hmm hal yang mau saya tanyakan .
    , apa kalo klamaan pke pembalut juga beresiko kanker serviks ?? .

  7. Admin on July 2nd, 2009 2:58 pm

    Dear Yulia,
    Pembalut harus sering kita ganti, karena untuk menjaga kebersihan daerah intim kita. Sebab pembalut kan menampung ‘kotoran’ kalau kita memakainya terlalu lama, tentunya akan beresiko menimbulkan jamur dan kawan-kawannya di daerah intim wanita.

  8. mia on July 10th, 2009 12:18 pm

    Terima kasih infonya..

    Penyakit kewanitaan mmg selalu menarik u/ dibahas. Apalagi dikalangan muda sekarang yang harus mendapatkan pelajaran lebih ttg hal yang satu ini.. betul tidak? ^_^

    U/ mengetahui kanker serviks pasti ada gejala awalnya. Apakah keputihan setiap hari itu adalah gejala awal? Lalu apa penyebab keputihan setiap hari itu sendiri? Bagaimana cara mengatasi keputihan yang berlebih? Apa hubungan nyeri pada saat haid dg servical cancer? Apa kelebihan pemakaian sabun sirih label pasaran u/ pengobatan penyakit kewanitaan? Bagaimana cara terbaik penggunaannya?

    Terima kasih, harap segera direspon ^_^

  9. Admin on July 19th, 2009 11:52 am

    Halo Mia!

    Maaf responnya agak terlambat, keputihan dan kanker tidak berhubungan secara langsung. Keputihan disebabkan oleh jamur, sedangkan kanker disebabkan sel yang membelah secara tidak normal/berlebihan sehingga menjadi kanker. Jadi kanker dan keputihan adalah dua hal yang berbeda. Yang sama adalah kita harus memperhatikan pola hidup yang sehat dan higienis untuk mencegah terjadinya kanker dan keputihan :)

    Di daerah intim wanita ada bakteri dan jamur yang hidup bersama-sama, jika jamur tumbuh berlebih maka keputihan terjadi, berarti ada ketidakseimbangan dalam tubuh. Bisa disebabkan oleh : penggunaan permbersih kewanitaan secara berlebih, kurang menjaga kebersihan, dan yang perlu diperhatikan pada saat mengeringkan bagian intim sebaiknya dari depan ke belakang (agar kuman tidak masuk ke dalam liang vagina).

    Sebenarnya penggunaan sabun sirih berguna untuk menjaga higienitas daerah intim, namun apabila penggunaannya berlebihan maka justru akan menyebabkan ketidakseimbangan flora normal yang ada di daerah intim, akibatnya jamur justru akan tumbuh dan berkembang, sehingga malah menyebabkan keputihan. Jadi gunakanlah sesuai dengan petunjuk aturan pakai yang tercantum disana.

    semoga bisa menjawab pertanyaan Mia!

  10. icha ayu setyaningrum on July 21st, 2009 11:02 am

    apkah kanker serviks dapat terjadi pada anak berusia 15-20 tahun????????

    secara mendetail apa saja tanda-tanda gejala timbulnya kanker serviks????????

    Makasih……..

  11. Admin on July 21st, 2009 7:08 pm

    Hai Icha,
    Kanker serviks biasanya menyerang wanita usia 30 tahun ke atas, namun untuk pencegahan, wanita di usia 15-20 tahun juga sudah boleh mendapatkan vaksin untuk kanker serviks ini.
    Gejala-gejala yang disebutkan diatas saya rasa cukup mendetail. Dan yang menakutkan, jika gejala ini mulai tampak, berarti kanker servik ini biasanya sudah berada di stadium lanjut. Karena itu kita harus rajin kontrol untuk mencegahnya

  12. ocam on July 30th, 2009 2:56 pm

    kontrasepsi oral itu apa?

  13. Admin on August 2nd, 2009 10:04 am

    alat kontrasepsi yang penggunaannya dengan cara diminum..

  14. ani on September 7th, 2009 9:54 pm

    kalu saya ada bercak” darah saat keputihan dan pinggul ada rasa sakit apa bisa itu gejala kanker serviks??
    tapi saya msh berumur 18 tahun.
    dan saya hanya ml dngan pacar saya tdk dengan pria lain.
    apa saya bisa mengidap kanker serviks.
    balas yah mba..
    saya sangat takut.
    trims

  15. Admin on September 12th, 2009 8:05 am

    dear ani,
    semua wanita beresiko terkena kanker serviks, dan dapat Ani ketahui bahwa wanita yang melakukan hubungan seks di usia yang muda lebih beresiko terkena kanker serviks ini (walaupun tidak berganti-ganti pasangan). Sebaiknya Ani segera memeriksakan diri ke dokter, karena ada bercak darah pada saat keputihan. Untuk mengetahui kita terkena kanker servik atau tidak, harus melalui beberapa tahap pemeriksaan, sebaiknya kita mawas diri dengan gejala-gejala awal yang kita alami, sehingga pengobatan dapat dilakukan sedini mungkin.

  16. Ima on September 12th, 2009 7:01 pm

    Sy prnh mmbca bhw pmblut jg dpt mnybbkn knker serviks krn mngndung zat pmutih,sdngkn kt hdup d zaman yg brkmbng n srba prktis tdk bs trlpas dr hal itu.klo y bgmn jln keluarY?Mks ya…

  17. masruri on October 29th, 2009 12:57 pm

    Assalmualaikum.
    kanker serviks itu disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat, seperti mengunakan pembalu yang berkualitas rendah, karena dengan pembalut kwalitas rendah itu hanya terbuat dari bahan daur ualang, yang sangat kotar dan mengandung bakteri. selain itun ketika proses pembuatan pembalut itu ada zat sampingan yang dihasilkan yaitu DIOXIn yang merupan zat yang dapat merangsang pertumbuhan sel kanker dalm tubuh manuisa. jadi saya sarankan semua wanita menggunakan pembalut yang berkualitas. seperti pembalut herbal yang alami. back to nature.

    wasalam. mazrury@gmail.com

  18. Anna on November 3rd, 2009 10:36 pm

    sy mau nanya apabila ingin memeriksakan dri k dokter umum bisa tidak kita mendapatkan vaksin k.serviks tsb? Berupa obat atau suntik?Dan kira2 berapa biayanya? Tq

  19. Admin on November 4th, 2009 8:51 am

    Biasanya bisa mbak, coba ditanyakan saja ke dokternya. Vaksin ini berupa obat suntik, dilakukan 3 kali dalam jangka waktu 6 bulan. Biayanya bervariasi, kisaran 800rb-1,2jtan per sekali suntiknya.

  20. zhe on November 6th, 2009 8:12 pm

    hai. ak mau tnya dong ..
    apa salah 1 ciri gejala kanker serviks.
    yaitu rasa skt perut d sebelah kiri ?
    dan prt terasa agak bengkak ?
    tolong cepat d bls yaa . . . .

    makasiii :)

  21. Mela on November 9th, 2009 10:17 am

    Dimana kita bs suntik anti kanker serviks?thx

  22. Admin on November 10th, 2009 2:24 pm

    Mbak bisa tanyakan di dokter terdekat dengan mbak, atau di dokter2 kandungan, biasanya mereka melayani vaksinasi ini :)

  23. Admin on November 10th, 2009 2:27 pm

    Mbak, kanker serviks ini hampir tanpa gejala, kecuali sudah tahap akut, jadi sebaiknya kita rajin kontrol ke dokter spesialis untuk mengetahui kondisi kita secara benar..
    Gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas hanya gejala umum, belum tentu juga terkena kanker serviks. Untuk mengetahui secara pasti harus melalui pemeriksaan lab

  24. vie on November 25th, 2009 1:46 pm

    kalau kpthn yg berlebih bs mengindikasikan kanker servik gak?trus dgn kpthn yg setiap hari bs mengakibatkan krg suburnya prpn dan tidak mdh utk hamil? yeri perut bagian bwh pd saat haid itu apakah tanda dari suatu pykt ga yaa……..?punten minta responnya…

  25. Admin on November 29th, 2009 5:19 pm

    keputihan yang berlebihan harus diobati, sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter kandungan anda, karena hal itu bisa mempengaruhi kesuburan anda

  26. Sher_ry on December 19th, 2009 5:53 pm

    Assalamu’alaikum. Wr Wb…………..
    Afwan….

    Apakah keputihan banyak smapai basah
    dapat menyebabkan kanker?

    Apakah keputihan sangat lama jga dapat menyebabkan kanker juga?

    Mohon banget ya segera di jawab!!

    -Terima kasih -

  27. Sher_ly on December 19th, 2009 5:57 pm

    Assalamu’alaikum…………

    Apakah memakai pantylner itu dapat menyebabkan
    mengeringkan rahim?
    Mohon jawab ya ………..

    -Terima kasih-

  28. dewi on December 20th, 2009 1:29 pm

    ass,
    saya mau tanya mbak, apa gejala kanker serviks itu, bisa dialami oleh gadis 20 tahun yang blum menikah???
    saya mengalami gatal-gatal didaerah “Ms.V” seperti timbulnya bntol-bentol menyerupai jerawat keci di sekitar bibir MS.V, dan bau yang tak sedap, serta gatal2.
    jd apa yang saya harus lakukan untuk mengatasi gejala ini, dan apakah ini termasuk gejala kaker serviks jujga??

    thanks

  29. Harris on December 23rd, 2009 2:38 pm

    Hai semua….
    aku nemu info bagus yg bisa bantu pencegahan kanker serviks nih…

  30. Admin on December 23rd, 2009 3:07 pm

    hai mbak, kanker servik itu deteksinya tidak semudah itu. ada beberapa tes lab yang harus mbak lakukan. Kanker serviks ini tidak memandang usia, dan jika mbak belum menikah, sebaiknya lakukan vaksinasi untuk kanker serviks ini, karena vaksinasi ini paling efektif bagi perempuan yang belum menikah

  31. Admin on December 23rd, 2009 3:08 pm

    tidak mbak…

  32. Admin on December 23rd, 2009 3:10 pm

    penyebab pasti kanker serviks ini tidak dapat dipastikan 100%
    karena itu sebaiknya untuk berjaga-jaga, kita harus menerapkan pola hidup sehat, dan melakukan tes rutin untuk mencegah keterlambatan dalam pengobatan jika sampai terjadi sesuatu

  33. Harris on January 1st, 2010 1:18 pm

    saya mau tanya mbak, apa tes pap smear hanya dapat dilakukan pada wanita yang telah melakukan hubungan badan saja ?
    Lalu kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan vaksinasi dan melakukan tes pap smear ?

  34. fitria asha on January 15th, 2010 8:28 pm

    saya mau tanya mbak.
    apakah harus 2 bulan sekali smpai 3x imunisasi kanker serviks nya??
    jika saya melakukan imunisasi ke 3 stelah 5 bulan imunisasi yg kedua apa risiko nya mbak..?
    mohon dijawab ya mbak, saya sgat mngharapkan informasinya.

  35. Admin on January 27th, 2010 3:18 pm

    Haii mbak, imunisasi itu disarankan untuk dilakukan 3 kali, dgn jangka waktu yang sudah ditetapkan. Saya yakin hal ini tentunya sudah melalui proses penelitian untuk mendapatkan hasil yang maksimal..
    Kalo mbak ingin tahu lebih detail masalah resikonya, sebaiknya mbak tanyakan ke dokter spesialis, karena saya tidak kompeten untuk menjawab pertanyaan tersebut

  36. novie on January 30th, 2010 12:58 am

    hai aku novie aku sering ngerasa sakit di bagian vagina rasanya itu enyut-enyut cman beberapa detik tapi sakit…..apa ini juga termasuk gejala soalnya aku nikah umur 18 thn….tlng dijawab sacepat nya soalnya aku takut banget….TERIMAKASIH…^_^

  37. Admin on February 5th, 2010 2:02 pm

    Tidak ibu, tidak perlu khawatir yang berlebihan. Namun jika merasa ada gejala yang tidak seperti biasanya sebaiknya ibu periksakan ke dokter kandungan atau lakukan pap smear. Karena dari sana baru kita bisa dapat kepastiannya.

  38. echi on February 22nd, 2010 5:18 pm

    mb mo nanya dunk….kl kanker serviks tu cara penanganannya gmn? betul ya salah satu satu cirinya susah buang air kecil? kl udah spt itu musti gmn? soalnya mamih gmu ke dokter

  39. iga handayani on March 24th, 2010 11:40 am

    yah sya sbagai wnita jg tkut akan bhaya kanker tersbt mkn’y hrus bnyk artikel yg memuat akn bhya kanker spya smua wnita bsa mlakukan pncegahan……:)

  40. rina on April 27th, 2010 9:13 pm

    saya mahasiswa umur 20 tahu,saya sering merasa sakit di vagina saya.dan bru2 ni keluar keputihan dengan bercampur darah..apakah it tanda2 kanker servuks..
    terima kasih..

  41. tiara on November 9th, 2010 8:15 am

    sy mens br brhnti smggu,dah mens lg. Usia sy 36 th. Bdan pegel2,ada apa ya,krn dlm bebrpa bln ini sy minum pil kb..mhn di jwb cpt ya.tq

  42. uchie on February 25th, 2011 12:50 pm

    saya pengguna kb susuk 1 tahun pertama sy tak dapat haid dan masuk 4 bulan ini saya haid terus hanya ada jedah 5 hari tdk haid sampai skrang sy haid terus apa itu pengaruh dari kb atau gejala kanker serviks?

  43. Majakani (Boyke&Co) on March 30th, 2011 11:31 am

    Sharing info Saja (Semoga Bisa Memberikan Pencerahan)

    FAKTA yang anda harus ketahui :

    Di Indonesia, setiap harinya 40-45 perempuan terdiagnosis kanker serviks dan 20-25 diantaranya meninggal karenanya.

    Kanker serviks merupakan kanker tersering di Indonesia

    Dampak yang dapat ditimbulkan kanker serviks pada perempuan sangat banyak, dikarenakan kasus kanker serviks terbanyak muncul pada saat perempuan berada dalam usia produktif yaitu antara 30-50 thn.
    Dampak yang dapat timbul adalah:

    1.Gangguan kualitas hidup : psikis, fisik dan kesehatan seksual.

    2.Dampak sosial dan ekonomi (finansial).

    3.Pengaruh pada perawatan, pendidikan anak dan suasana kehidupan keluarga.

    Bagaimana gejala KANKER SERVIKS?

    Kebanyakan infeksi HPV dan kanker serviks stadium dini berlangsung tanpa menimbulkan gejala sedikitpun sehingga penderita masih dapat menjalani kegiatan sehari-hari.

    Namun, jika dilakukan pemeriksaan deteksi dini dapat ditemukan adanya sel-sel serviks yang tidak normal yang disebut juga sebagai lesi prakanker.

    Bila kanker sudah mengalami progresifitas atau stadium lanjut maka gejala-gejala yang dapat timbul antara lain:

    1.Pendarahan setelah senggama.

    2.Pendarahan spontan yang terjadi antara periode menstruasi rutin.

    3.Timbulnya keputihan yang bercampur dengan darah dan berbau.

    4.Nyeri panggul dan gangguan atau bahkan tidak bisa buang air kecil.

    5.Nyeri ketika berhubungan seksual.

    Salam Kenal Semoga Bermanfaat.

  44. ares on May 6th, 2012 12:46 pm

    saya mw tanya kemarin adik saya tes di sekolahan’a ternyata dia di perkirakan terjangkit v kami kurang yakin itu bnar…

    kira2 brpa harga pengobatan wat mencegah’a ya

    terma kasih

  45. ganish on June 7th, 2013 5:13 pm

    jika belum menstruasi bolehkah mendapat vaksin ini?

Tinggalkan komentar Anda





26 queries