ANAK ANDA SUSAH MAKAN? Klik Disini untuk Solusinya!
Powered by MaxBlogPress 

Anak - Balita - Bayi

Karotid Angioplasty Cegah Stroke

heart

KAROTID ANGIOPLASTY CEGAH STROKE

BERITA MINGGU , 1 FEBRUARI 2009

Dr Shaiful menerangkan tentang metode karotid angioplasty, operasi memperbaiki pembuluh darah yang tersumbat dilakukan dengan satu tepukan pada kaki.

SETELAH anda diserang stroke, apakah nasihat dokter kepada anda? Biasanya dokter akan meminta anda mematuhi jadwal minum obat, berhenti merokok, berolahraga dan menjaga pola makan anda. Ini untuk menghindarkan anda dari serangan stroke untuk yang kedua kalinya.

Sebenarnya stroke dapat dicegah dengan prosedur karotid angioplasty atau operasi memperbaiki pembuluh darah yang tersumbat. Hal ini sama saja dengan prosedur angioplasty lain, cuma yang membedakannya ini dilakukan pada bahagian karotid.

Ahli jantung di Institut Jantung Negara (IJN), Dr Shaiful Azmi Yahaya, berkata arteri karotid yang tersumbat atau menagalami penyempitan dapat diobati dengan karotid angioplasty. Malah, katanya ini prosedur yang mudah dengan hanya melakukan satu tepukan saja pada kaki dan prosesnya hanya memakan waktu kira-kira satu jam. “Biasanya pasien yang pernah diserang stroke akan diberikan obat pengencer darah. Mereka tidak diberikan pilihan atau diberitahu, mengenai prosedur karotid angioplasty. Atau kalau tahu pun, mereka tidak mau melakukannya karena resiko komplikasi diserang stroke atau mengalami masalah serangan jantung ketika prosedur tersebut dilakukan,” katanya.

Dr Shaiful Azmi berkata, resiko di bawah lima persen itu adalah normal karena operasi apapun mempunyai komplikasi tersendiri. Biasanya pasien tidak mau melakukan karotid angioplasty karena takut diserang stroke atau berhadapan dengan komplikasi lain ketika dioperasi.

Dalam prosedur karotid angioplasty, stent khusus (kateter) dengan balon kecil di ujungnya akan dimasukkan ke arteri karotid sebelumnya balon itu dikembungkan (inflated) apabila kateter sudah berada di kawasan arteri yang bermasalah.

Pengembungan balon akan menekan tisu lemak di dinding arteri dan menghasilkan pembukaan luas di dalam arteri. Ia kemudian memperbaiki jalan aliran darah. Stent mungkin juga dimasukkan ke dalam arteri untuk menghindari penyempitan pembuluh darah atau tersumbat sekali lagi.

“Kenyataannya sangat banyak pasien yang dirawat karena penyakit stroke hanya diberikan obat pengencer darah. Mereka tidak diberitahu mengenai adanya prosedur membuka pembuluh darah karotid yang sempit atau tersumbat.,” katanya. Anehnya prosedur ini sudah dilakukan sejak 1980 oleh Dr Sean F Mullan dari Chicago University, AS. Namun, kerena kebimbangan ahli medis mencobanya sendiri, prosedur ini tidak begitu diketahui pasien dan karotid angioplasty bukan satu pilihan yang populer untuk mencegah stroke.

Bayangkan apabila ada sumbatan di arteri yang menuju ke otak, sudah tentu darah akan susah mengalir. Jika sumbatan itu semakin besar atau darah beku tersangkut di arteri yang sempit, sewaktu-waktu anda akan terserang stroke. Bagaimanapun, masih ada yang bernasib baik karena walaupun terserang stroke mereka masih dapat pulih kembali.

Karotid angioplasty membantu membuka saluran arteri yang sempit dan dapat mengurangi resiko anda terserang stroke. Namun, anda tidak perlu menunggu hingga terserang stroke untuk melakukan karotid angioplasty, sebaliknya melalui pemeriksaan berkala, anda dapat mengetahui apakah anda beresiko untuk terserang stroke atau sebaliknya. Jika anda beresiko, karotid angioplasty mungkin metode pengobatan yang terbaik.

Mengenali arteri karotid.

  • Arteri karotid adalah arteri utama yang terletak di depan leher. Melalui arteri karotid, darah dari jantung bergerak ke otak. Terdapat dua arteri karotid, di kanan dan kiri leher. Secara bersamaan, ia mengalirkan darah ke leher dan kepala.
  • Arteri di seluruh tubuh boleh tersumbat kerena kelebihan lemak yang dikenal sebagai plak. Plak akan menyebabkan arteri sempit atau tersumbat. Jika terjadi penyumbatan atau penyempitan, dapat menyebabkan alitan darah ke otak terputus atau berkurang sekaligus dapat menyebabkan anda terserang stroke.

Faktor resiko stroke

  • Sejarah keluarga yang pernah terserang stroke atau serangan jantung
  • Darah tinggi
  • Kolesterol tinggi
  • Kuat merokok
  • Diabetes
  • Tidak rajin berolahraga, obesitas (kegemukan)
  • Masalah jantung seperti irama jantung yang tidak normal atau gagal jantung
  • Pernah diserang stroke
  • Penggunaan pil KB atau terapi hormon

Simptom stroke

  • Sukar berjalan – stroke menyebabkan anda tersandung, pusing atau hilang keseimbangan.
  • Sukar berbicara – bicara tidak jelas, tidak dapat mengucapkan kata-kata yang mudah.
  • Lumpuh atau kebas pada sebelah badan.
  • Sukar untuk melihat – pandangan kelabu, gelap atau melihat objek kelihatan berganda.
  • Sakit kepala yang tiba-tiba atau luar biasa yang disertai dengan leher terasa tegang, muka sakit, sakit pada kedua mata atau muntah.

Comments

Tinggalkan komentar Anda





17 queries