ANAK ANDA SUSAH MAKAN? Klik Disini untuk Solusinya!
Powered by MaxBlogPress 

Anak - Balita - Bayi

Makanan Sehat untuk Wanita Hamil

Hamil merupakan saat-saat yang paling membahagiakan bagi sebagian besar wanita yang telah menikah.  Kondisi dimana sang buah hati akan datang dan menemani hari-hari selanjutnya.  Masa-masa kehamilan adalah masa yang penting, dimana seorang wanita akan merasakan adanya perubahan dalam tubuh mereka.  Rasa letih, mudah lapar dan mual acap menjadi keluhan yang sering dialami. Tidaklah mengherankan karena di dalam tubuhnya  hidup sosok mahluk kecil yang akan menjelma menjadi seorang anak yang sehat harapannya.  Mahluk yang masih berbentuk janin ini akan menghisap sari-sari makanan dari tubuh sang Bunda untuk tumbuh kembangnya.  Itulah sebabnya mengapa wanita hamil membutuhkan asupan makanan yang sehat dan lebih banyak dari biasanya, agar ibu dan anak yang akan dilahirkannya nanti sehat dan cerdas tanpa cacat.

Makanan sehat untuk wanita hamil harus mengandung banyak gizi dan mineral tubuh terutama Kalsium, diantaranya adalah makanan sumber protein seperti ikan laut, sumber serat seperti sayuran dan buah serta mineral yang dapat diperoleh dari susu, keju dan ikan laut.  Semua zat gizi tersebut sangat penting dalam membangun tumbuh kembang sel, pembentukan organ tubuh dan penyusun otak anak.  Ikan laut sebagai sumber mineral dan protein juga berfungsi sebagai sumber AA dan DHA yang dibutuhkan untuk pembentukan otak janin.

Wanita hamil sebaiknya menjaga asupan makanannya dan harus benar-benar dipastikan bahwa makanan itu sehat untuknya karena akan berpengaruh pada tumbuh kembang janinnya dan kesehatan tubuhnya. Makanan sehat untuk wanita hamil harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin,zat besi dan air. Buah-buahan dan sayuran merupakan bahan makanan yang baik selama proses kehamilan.  Selain sebagai sumber vitamin, kandungan seratnya akan mencegah wanita hamil dari masalah sembelit yang umumnya dialami sebagian wanita hamil.  Udang dan ikan laut sangat baik dikonsumsi bila kita menginginkan anak yang cerdas.

Karbohidrat sangat penting sebagai sumber energi bagi janin dan ibu hamil.  Kebutuhan akan karbohidrat dapat diperoleh dari nasi, kentang, roti, maupun umbi-umbian.  Sementara protein berperan penting untuk mengganti sel-sel yang mati dalam tubuh dan untuk tumbuh kembang janin.  Padda wanita hamil kebutuhan protein meningkat hingga 12 gr/kg berat tubuh.  Asupan protein ini dapat dipenuhi dari kacang-kacangan, daging merah, unggas, tahu dan tempe serta ikan.

Wanita hamil juga membutuhkan asupan zat besi yang cukup, karena zat gizi dibutuhkan untuk memberikan asupan makanan pada plasenta.  Zat besi juga mencegah wanita hamil dari kelelahan.  Zat besi dapat diperoleh dari sayuran yang berwarna merah seperti bayam merah, bit dan kol ungu.

Asupan akan air pun tak kalah pentingnya bagi wanita hamil untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena keringat.  Pada umumnya wanita hamil memproduksi keringan lebih banyak dari biasanya.  Kebutuhan akan air ini dapat dipenuhi dengan meminum air putih, susu, jus buah atau kaldu sayur.

Comments

Tinggalkan komentar Anda





11 queries