ANAK ANDA SUSAH MAKAN? Klik Disini untuk Solusinya!
Powered by MaxBlogPress 

Anak - Balita - Bayi

Membangun Kepercayaan Diri Anak

Memiliki anak yang memiliki kepercayaan diri alias ‘PD’ tentunya menyenangkan. Karena dengan kepercayaan diri yang mereka miliki ini dapat menciptakan prestasi dalam kehidupan mereka nantinya, dan juga keberhasilan dalam bersosialisasi tentunya.

Berikut beberapa tips untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri anak:

  • Menciptakan lingkungan rumah yang nyaman dan aman bagi anak merupakan awal dari segalanya. Berikanlah rutinitas yang dirasa cukup nyaman bagi mereka.
  • Perkenalkan mereka dengan lingkungan sekitar, secara bertahap dan berkala kenalkan mereka dengan kehidupan bersosialisasi. Misalnya pada saat kita sedang bermain dengannya, ada anak kecil yang berada disana, dorong mereka untuk berkenalan dan bermain bersama. Hal ini untuk mengembangkan kemampuan sosialnya dan agar dia tidak merasa malu pada saat berada di tempat umum.
  • Jangan terlalu sering mengajak anak menonton televisi, karena berdasarkan penelitian hal ini terbukti membuat anak cenderung bersikap individu.
  • Doronglah anak agar aktif berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler diluar, sehingga mereka semakin banyak bertemu orang lain.
  • Minta anak untuk membantu kegiatan kita, karena dengan dimintai bantuan akan membuat dia merasa mampu dan penting
  • Berikan dukungan atas hal-hal yang dipelajarinya, dan ucapkanlah bahwa anda yakin dia akan berhasil.
  • Dan yang pasti, selalu berikan dorongan yang positif kepada mereka!

Comments

4 Responses to “Membangun Kepercayaan Diri Anak”

  1. ana on August 3rd, 2009 10:23 am

    saya sangat menyukai artikel ini, dan artikel ini membantu saya untuk mengingat betapa berharganya kepercayaan diri dan betapa berharganya masa kanak2..

  2. Admin on August 4th, 2009 5:52 am

    terimakasih..

  3. Kepercayaan Diri on August 17th, 2009 6:31 pm

    Artikelnya sudah cukup bagus, namu ada satu kekuranganya bahwa anak anak akan lebih percaya diri jika dibian mulai dari dilahirkan

  4. wiwik on May 10th, 2011 3:04 pm

    Sebelumnya saya minta maaf karna keluar dari judulnya,

    Saya mempunyai anak umur 3,5 tahun. Sebulan yang lalu anak saya mau bersekolah ( PAUD ) tapi itu hanya untuk jangka waktu 1 minggu saja setelah itu tidak mau sekolah lagi.

    Bagaimana ya..caranya supaya anak saya mau bersekolah lagi karna saya statusnya juga bekerja. Saya sudah bujuk dengan berbagai cara tapi tetap saja tidak mau.

    Apa yang harus saya lakukan? Mohon sarannya.

    Terimakasih sebelumnya.

Tinggalkan komentar Anda





23 queries