ANAK ANDA SUSAH MAKAN? Klik Disini untuk Solusinya!
Powered by MaxBlogPress 

Anak - Balita - Bayi

Perkembangan Kepandaian Bayi 1 Tahun Pertama

baby

Berikut adalah perkembangan bayi pada umumnya, namun perkembangan tiap bayi tentunya berbeda-beda satu sama lain.

1 bulan :

  • Secara refleks dapat memegang benda yang menyentuh telapak tangannya.

2 bulan :

  • Dapat menatap
  • Dapat tersenyum
  • Bersuara ‘a’, ‘e’, ‘h’

3 bulan :

  • Menggerakkan benda yang dipegangnya
  • Memandang gerakan benda dengan bola mata sampai ke sudut matanya

4 bulan :

  • Bermain dengan kedua tangan dan memasukkan tangan ke mulut
  • Tertawa, bergurau
  • Tengkurap

5 bulan:

  • Menggulingkan badan
  • Menyentuh mainan
  • Membedakan suara

6 bulan :

  • Bertopang pada kedua tangan
  • Memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lainnya
  • Menoleh

7 bulan :

  • Membalikkan badan
  • Bermain dengan tangan dan kaki
  • Mulai mengoceh

8 bulan :

  • Belajar duduk
  • Memperhatikan gerak gerik orang
  • Tertarik pada bayangan sendiri dalam cermin

9 bulan :

  • Merayap
  • Dapat berdiri tegak bila dipegang
  • Main cilukba/petak umpet

10 bulan :

  • Berayun pada tangan dan lutut
  • Belajar berdiri sambil berpegangan
  • Menjepit benda dengan kedua jari tangan

11 bulan :

  • Merangkak
  • Belajar berjalan ke samping atau rambatanBerjalan bila kedua tangan dipegang

12 bulan :

  • Berjalan sendiri
  • Bermain kejar-kejaran
  • Dapat mengerjakan tugas-tugas sederhana

Comments

33 Responses to “Perkembangan Kepandaian Bayi 1 Tahun Pertama”

  1. reffy on June 3rd, 2009 11:05 am

    Dear…

    saya mau tanya bagaimana perkembangan anak usia 1 tahun dan kapan anak bisa berjalan serta bagaimana tips untuk makanan si usia 1 tahun, thanks…

    reffy

  2. Admin on June 3rd, 2009 10:38 pm

    dear Reffy,
    Seperti yang tertulis diatas, anak usia 1 tahun biasanya sudah mulai belajar berjalan, ada yang lebih cepat, ada yang lebih lambat.
    Ada anak yang baru mulai berjalan di usia 15-16 bulan, perkembangan seorang anak unik, tidak bisa kita sama persiskan dengan anak lain,
    Pada usia 1 tahun, mereka amat suka bereksplorasi, jadi jangan heran bila mereka suka sekali membanting barang yang dipegangnya, karena mereka sedang belajar sebab-akibat dari hal-hal yang ada disekeliling mereka.
    Masalah makanan, biasanya anak usia 1 tahun sudah berbentuk kasar, tidak perlu kita haluskan, namun tetap ada yang harus kita perhatikan:
    1. Garam, untuk anak seusia ini kita tidak boleh memberikan garam terlalu banyak, rasa masakan mereka tidak seasin masakan kita pada umumnya
    2. Gizi. Usia ini adalah usia perkembangan, gisi harus benar2 kita perhatikan. Bayam dan daging merah amat baik untuk mereka karena kandungan zat besi yang tinggi
    semoga dapat menbantu!

  3. dedi on July 3rd, 2009 10:39 am

    Dear,
    anak saya pas umurnya 1 thn tapi sukanya makan coklat dan snack
    nggak suka makan nasi, bagaimana cara merubah pola makannya dan apakah membahayakannya karna kesukaannya memakan coklat dan snack thanks……

  4. Admin on July 5th, 2009 9:04 am

    Dear Dedi,
    Kebutuhan gizi anak usia 1 tahun masih amat besar, karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan, baik fisik maupun otak, memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna tentunya amat baik untuk mendukung proses pertumbuhan ini. Coklat dan snack bukannya berbahaya, namun nilai gizinya tentu berbeda, apalagi jika membuat mereka tidak doyan makan.
    Usahakan mereka makan terlebih dahulu, berikan coklat/snack itu sebagai reward, dan jangan memberikan camilan di dekat jam makan, karena itu akan menghilangkan rasa lapar mereka.

  5. vivi fitria on August 31st, 2009 9:05 am

    Saya mau tanya informasi tentang perkembangan bayi dari usia 1-2 tahun. Terimakasih.

  6. Rida farida on September 23rd, 2009 9:25 pm

    anak saya berumur 1 thn..skr dia lg senang2ny bljr jln(itu juga dipegang)sering niru omongan qt tp susah sekali mknny..udh dkasi nasi lembek tp susah skali mulutny tertutup..bingung knp ya?tp klo d ganti roti tawar ga pake ap2 dia mau kadang habis 2 lembar..doyan skali biscuit bayi..buah sgt suka apalgi sayur yg direbus..tp itu berat badanny yg bikin khawatir cuma 7kg lebih….

  7. Admin on September 24th, 2009 7:26 am

    dear mbak Rida,
    memang tiap anak berbeda-beda, ada yang makannya gampang, ada yang susah. Kita sebagai orangtua harus telaten, dan mencari akal agar si kecil mau makan menu yang berubah-ubah, agar gizi yang didapat optimal. Mungkin si kecil bosan makan nasi, bisa kita siasati dengan kentang atau mie, atau mungkin dia ingin makan ramai-ramai, bersama dengan papa mama nya, di meja keluarga…
    Walaupun anak umur 1 thn sudah mulai makan, jangan lupa perhatikan minum susunya, mereka masih membutuhkan banyak susu, apalagi bila makannya susah, paling tidak gizi masih dipenuhi oleh susu yang diminum.
    Dan jangan lupa memberi vitamin, kadang vitamin juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan lo..!

  8. umi on November 19th, 2009 7:57 am

    anak saya umurnya 13 bulan tapi belum bisa barjalan sendiri, kalau diajari jalan justru ga mau, dia senannya latihan jalan sendiri. seperti jalan sambil berpegangan didinding atau dorong keretanya. Apakah anak saya termasuk lambat perkembangannya?

  9. Admin on November 20th, 2009 7:47 am

    dear mb Umi.
    kalo dari keterangan yang mbak umi tulis, anak mbak umi normal kok :)
    memang anak ada yang cepat, ada yang agak lama jalannya. Tapi dia udah merayap dan berpegangan dinding, berarti bentar lagi dah jalan tuh..
    biarkan aja dia puas merangkak, pada waktunya dia akan bisa berjalan. dengan merangkak dia mencari keseimbangan tubuhnya. jangan dipaksa belajar jalan kalau dia tidak mau yah!

  10. umi on November 21st, 2009 8:27 am

    saya mo tanya, apa sih tanda-tandanya kalou anak terkena flek, sebab didaerah saya pencemaran udaranya sangat tinggi.

  11. Andi uya on December 5th, 2009 7:40 am

    Untuk bayi diatas 1 tahun, Kalau lg makan Berapa suap sih minimal takarannyanya? Soalnya bayi sy termasuk susah makan ntr dy kurang gizi apalg minum sufor cuma 2 * 150 ml itupun disendoki, asi klo malam. Kira2 cairan yg dibutuhkan cukup ga ya? Tq

  12. indra on December 8th, 2009 9:49 pm

    mau tny,,,
    balita saya mempunyai sensitif akan kulit diwajahnya, bagamaina untuk mengatasinya dan saya pingin mengoleksi artikel yg tersedia di info anak, tapi tida bisa di copy yg ada untk di print
    apa ada solusinya….untuk di save. terima kasih

  13. Admin on December 10th, 2009 8:47 am

    ibu di pasaran ada cream cream khusus untuk bayi, yang dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit bayi, seperti ‘bebe-klorane’, ‘sebamed’
    namun sebelum memberikan pada bayi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokternya. terutama jika anak ibu masih berusia dibawah 6 bulan

  14. Admin on December 10th, 2009 9:27 am

    Kalo menurut saya susunya kurang itu pak. Usahakan paling tidak susu formula itu 750 ml sehari.

  15. agus on January 4th, 2010 4:43 am

    anak saya usia 1 tahun, sudah jalan tapi giginya belum tumbuh di kasih vitamin apa supaya giginya bisa cepat tumbuh.
    trimakasih

  16. Admin on January 4th, 2010 9:03 pm

    Gigi itu berhubungan dengan kalsium. Namun sebenarnya bapak tidak perlu terlalu khawatir dengan giginya, karena memang ada anak yang cepat tumbuhnya, ada yang lambat.

  17. dewi oktiling on February 1st, 2010 11:52 am

    saya mau nanya,, anak saya umur 14bulan,, makannya susah bgt…
    sebenarnya untuk anak diatas 1 tahun, berapa sih takaran makannya (berapa sendok)? anak saya makannya suka diemut,,,

  18. Admin on February 5th, 2010 2:00 pm

    haii bu, biasa anak seusia itu itu emang lagi susah2nya makan :), karena dia lagi senang mengeksplorasi lingkungan sekitarnya
    Ibu bisa coba sajikan makanannya dengan tampilan yang menarik, misal tampilan bentuk boneka ada mata dan telinga, agar dia tertarik melihat makanannya dan menyantapnya. Karena anak kecil biasanya memang bersifat visual, mereka tertarik dengan barang yang bisa dilihat :)

  19. indah on March 22nd, 2010 8:56 am

    Anak sy umur 1 tahun, makannya susag banget
    Minta solusi dong….

  20. Maya rj on March 21st, 2011 2:35 pm

    Anak sy kembar 3 usiany 13bln alhamdulilah smua dah bs jalan n aktf, cm yg 1 ga mau mkan nasi (dilepeh) mauny msih yg lembut2..gmn y carany biar mau mkan nasi tnpa maksa dia? Trus gmn ya carany melarang anak klo memukul itu ga baik karna yg bungsu sukany mukul kakakny n dikasihtau ga ngerti2 n ga kapok2 sy jd bingung mesti gmn?? Oy maenan apa yg bgus u anak usia 13bln ya bu? Thx

  21. erlin on March 28th, 2011 1:39 pm

    saya mau nanya nih, anak saya perempuan umur 14 bulan tapi dia blm bisa bicara dan uda bisa berjalan dng lancar, yg ingin saya tanyakan
    1. usia berapa anak anak bisa bicara pada umumya?
    2. apakah wajar pd usia seperti itu anak saya blm bisa bicara?
    3. bagaimana cara untuk mengajari sianak agar bisa bicara?
    4. apakah ada masalah dengan anak saya krn hingga kini blm bisa bicara?

  22. erlin on March 28th, 2011 1:39 pm

    saya mau nanya nih, anak saya perempuan umur 14 bulan tapi dia blm bisa bicara dan uda bisa berjalan dng lancar, yg ingin saya tanyakan
    1. usia berapa anak anak bisa bicara pada umumya?
    2. apakah wajar pd usia seperti itu anak saya blm bisa bicara?
    3. bagaimana cara untuk mengajari sianak agar bisa bicara?
    4. apakah ada masalah dengan anak saya krn hingga kini blm bisa bicara? mohon bantuannya

  23. dewi andriani on May 12th, 2011 9:39 am

    vitamin apa yang cocok untuk anak usia 1 tahun yang susah makan?

  24. dewi satria on May 30th, 2011 11:38 am

    anak saya sudah 1,5 bln tp kenapa berat badanya cuma 8,5kg saja. bulan2 kemaren makannya masih teratur tapi akhir2 ini makannya susah sekali. cara seperti apa yah biar anak saya doyan makan dan berat badannya jadi bertambah sesuai kebutuhan seusianya? terima kasih

  25. Sofia fie on July 16th, 2011 9:01 pm

    Saya mau nanya,,
    anak saya sekarang umur 15 bulan, laki2, BB 13kg giginya sdh banyak, tapi masih belum bisa jalan, klo jalan sendiri sambil berpeggangan sudah bisa, klo dituntun dengan dua tangan, dia gk mau, seperti males banget jika di suruh jalan dg di tuntun, masalahnya juga dia gk mau makan, makanyapun harus dg cara di lotek, itupun klo makan sampai ber jam2, apalagi klo di suruh ngemil dia gk mau sama sekali, terkadang klo makan sesuatu, jika sudah berada di dalam mulutnya, bukanya di telan/di kunyah, tambah di sembur2kan, dia cuman minum asi, di kasih sufor, gk mau.
    Trimaksih

  26. vidya on July 23rd, 2011 9:25 pm

    anak saya cowok umur 13 bulan BB 8kg ,dah bisa berjalan mbil berpegangan di dinding kalo di titah seneng banget! tp lum bs berdiri sendiri apakah karena takut karena yang ngasuh kadang khawatir jatuh,, terus makanan camilan apa yang baik buat anak seumur anak saya ,,thanks ya sebelumnya

  27. bunda zyan on September 8th, 2011 11:35 am

    anak saya umur 1 tahun dia sudah jalan di usia 11 bulan berat badannya 10 kilo tp anak saya tidak suka makan nasi…
    gimana caranya agar anak saya mau makan nasi???

  28. yuni on December 13th, 2011 3:40 am

    kenapa

  29. areen on December 16th, 2011 12:42 pm

    ank saya br 11bulan lebih 2mggu,makanya susah sekali,d suap bubur ma sayur paling2 2 sendok aja mkn,kalau malam suap bubur campur ubi kfc yg lembek tu br dia mau mkn.masih merangkak dan merambat2,kadang2 dia belajar berdiri sendiri tp cuma beberapa detik,terus dia duduk lg,blm bisa jln,sy khuatir masalah gizinya soalnya mkn susah bgt,n dia cuma mau asi,sufar ga mau.ank sy giginya udah banyak dah 7batang.apa mungkin klu gigi tumbuh banyak,ank jai lambt jalan,ada orgtua yg bilang gitu..

  30. mega on January 12th, 2012 9:51 am

    anak saya usianya sudah 11 bulan 1 minggu, belum bisa jalan, tapi sudah bisa berdiri di tembok sambil merambat. giginya sudah 8. belum bisa bicara hanya bisa bilang mamah, mamam, papah. apa perkembangan anak saya normal? terimakasih

  31. joa on July 7th, 2012 6:44 pm

    setiap anak itu punya keunikan masing2,jadi bila anak anda agak terlambat berjalan atw berbicara tdk usah kuatir…yang penting anak anda happy & sehat.semua akan baik2 sj.

  32. ANY SUPRIHATIN on April 25th, 2013 12:23 pm

    Anak saya umur 1th 3 bulan dia dia kalau nampak buku langsung diambil dan suruh membacakan dia melihat dan mendengarkan..bahkan tak ada berhentinya dia mencari buku2 seandainnya anak saya masukkan keplay group gmana ya,,,makasih

  33. leha on June 14th, 2013 1:37 pm

    bayi saya belum bisa jalan tapi ia sudah pandai bicara bagamana munurut anda

Tinggalkan komentar Anda





18 queries