ANAK ANDA SUSAH MAKAN? Klik Disini untuk Solusinya!
Powered by MaxBlogPress 

Anak - Balita - Bayi

Perlukah Minum Obat Penguat Kandungan?

Bagi ibu muda yang baru mengalami kehamilan pertama, hal ini tentunya kadang membingungkan. Jawabannya adalah ‘jika diperlukan saja’. Jadi jika kondisi kandungan baik-baik saja, kita tidak perlu meminum obat tersebut.

Obat penguat ini berisi hormon progesteron, yang berfungsi untuk memperkuat rahim dengan cara mempertebal  dan merelaksasikan otot rahim. Obat ini diberikan jika ibu mengalami pendarahan atau kontraksi pada trisemester awal kehamilan. Obat ini diharapkan dapat mencegah kontraksi atau pendarahan yang berlanjut.

Obat penguat kandungan ini harus dikonsumsi sesuai dengan dosis yang ditetapkan oleh dokter kandungan, karena oleh dokter tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing orang. Selain meminum obat ini, tentunya harus disertai dengan istirahat yang cukup untuk mencegah pendarahan berlanjut, jangan melakukan aktivitas yang berat dulu untuk mendukung pemulihan.

Comments

8 Responses to “Perlukah Minum Obat Penguat Kandungan?”

  1. siti on December 4th, 2009 12:27 pm

    ini kehamilan saya yang pertama,saat ini usia kandungan saya 15 minggu,pada usia kehamilan 10 minggu tekanan darah sya rendah banget,dan sya diksih obat penambah darah ma bidan tapi saya sring skali lupa minum kdang 2 hari baru mnum shrusnya stiap hari,dan diusia yang sekarang ini 15bulan perut bagian bawah saya sering sakit bahkan uda 2hari ini,terasa skit bangt,mungkin krena kecpean scra jrak tmpat saya kerja dngan rumah jauh bngt,dan sya tanya atasan saya katany dulu istrinya pernah seprti saya bahkan smpe kaguguran mnurut dia sya disuruh minum obat penguwat kandungan, apa itu bnar,abat apa yang harus sya minum krna saya dpt 2 merk Prestenol &Duphaston,,,??

  2. Admin on December 10th, 2009 9:30 am

    Duphaston itu memang obat penguat kandungan. Namun ibu harusnya pergi ke dokter dulu, biarkan spesialis memeriksa keadaan kandungan ibu. Karena setiap orang memiliki kasus yang berbeda-beda dan penyebab yang berbeda, biar dokter memeriksa ibu, dan dari situ ibu akan mendapatkan solusi apakah dua jenis obat itu memang solusi yang tepat untuk ibu.

  3. adywahyudi on August 1st, 2010 8:23 am

    dok,,apakah wanita lemah fisik nya jg mesti harus minum obat penguat janin?

  4. Admin on August 1st, 2010 8:32 am

    Hai AdyWahyudi. Wanita lemah fisik belum tentu lemah kandungan bukan?
    Jadi belum tentu memerlukan penguat kandungan. Kalau kondisi kandungan dan janin baik-baik saja, tidak perlu minum obat penguat kandungan.

  5. tarra on December 18th, 2010 4:25 pm

    Dok, saat ni saya sedang mengandung dan usia kandungan baru 2 minggu.pekerjaan saya mengharuskan saya untuk bepergian dengan jarak yang jauh dan dengan jalanan yang sangat rusak juga.
    apakah saya tetap bisa melanjutkan pekerjaan dengan usia kehamilan yang masih sangat muda ini?
    atau saya harus meminum obat penguat kandungan agar tidak terjadi apa-apa selama saya bekerja?

  6. Andini on June 6th, 2011 9:53 pm

    Dok….
    Ne hamil pertama sy,
    Lebih bagus mana untuk dikonsumsi antara suplemen makanan atau susu khusus ibu hamil?
    Dan,vitamin untuk ibu hamil merk apa yg dlm bentuk sirup,secara sy tdk bs telan pil atau kapsul!
    Trimakasih.

  7. bambang irawan on June 10th, 2011 10:04 pm

    setahun yg lalu istriku prnh di kiret dan sampai saat ini blm ada tanda2 kehamilan,tpi untuk saat ini dia tdk haid,kemarin trkhir heid tgl 27 sampai skrg tgl 10 blm haid apakah ada kemungkinan dia hamil?

  8. Mamtha on March 15th, 2013 7:24 am

    Dok…. Ini khmilan pertama sya? Kmaren wktu usg rahim sy terlalu kcil kta dokternya, dn timbul rasa nyeri di bag.kiri,trnyata ada pembengkakan. Trus sy d ksih obt utrogestan 100mg micronised progesteron… Itu d sruh mnum sehari sakali. Kta dokter klo trjadi flek dan nyerinya ngk hilang,sya dsruh k rmh skit sja..mnurut dokter ini gmna ya? Dn obat itu untuk apa? Mksih

Tinggalkan komentar Anda





17 queries