Panduan Menu Makanan Bayi s/d Balita
Powered by MaxBlogPress 

Anak - Balita - Bayi

Tips Merawat Tali Pusat Bayi

Merawat Tali Pusat merupakan bagiang yang paling “mengerikan” dari serangkaian ritual membersihkan bayi. Nah, untuk melakukan perawatan tali pusat dengan baik dan benar, ikuti petunjuk berikut ini:

  1. Selalu cuci tangan sampai bersih sebelum mulai melakukan perawatan tali pusat.
  2. Turunkan sedikit bagian atas popok agar tidak bersentuhan dengan tali pusat.
  3. Kemudian, bersihkan tali pusat, terutama bagian yang dekat dengan dinding perut atau lipatan di bagian dasarnya, dengan air bersih dan sabun, lalu keringkan.
  4. Sebaiknya tali pusat tidak perlu dikasih apa-apa. Penggunaan cairan antiseptik yang memiliki kandungan yodium pun tidak lagi dianjurkan. Tali pusat bisa ditutup dengan kain kasa steril.
  5. Kain kasa harus diganti, setiap kali bayi usai mandi, berkeringat, terkena kotoran dan basah.
  6. Jangan pernah sengaja menarik-narik atau mencopotnya, karena tali pusat ini akan lepas dengan sendirinya.
  7. Hindari hal-hal yang aneh dan berbau mistis. Menaruh koin di atas tali pusat, diberi kopi dan sebagainya. Karena hal ini akan menjadikan tali pusat sarang kuman atau menyebabkan tali pusat tetanus.
  8. Segera dibawa ke dokter jika mencium bau tidak sedap dari tali pusat bayi yang belum lepas, karena bisa jadi itu adalah tanda-tanda tetanus.
  9. Setelah puput, tidak perlu ada perlakuan istimewa, tetapi jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian pusar. Mandikan seperti biasa dan biarkan tali pusat dalam keadaan terbuka, tidak perlu dibungkus lagi.

Semoga bermanfaat.

Comments

3 Responses to “Tips Merawat Tali Pusat Bayi”

  1. Harry on December 15th, 2010 11:24 am

    Nice info, berguna sekali untuk para orang tua muda, terkesan simpel tapi kalau salah bisa fatal. thanks for the info………….

  2. bunda zayyan on March 2nd, 2011 11:15 am

    dlu ank saya tali pusarnya bermasalah,tdk kering2 dan lama copotnya,tiap malem nangis truz karena basah dan berdarah,kt dokter pusar ank saya ad gejala hernia,stiap sminggu skali saya control ke rmh sakit truz,tp msh basah truz akhirnya sy obatin sndri drmh dgn membershkan stiap hr dgn memakai alkohol lalu saya teteskan albothyl d pusarnya.alhamdulillah pusarnya kering dan sembuh.

  3. The Special Mom on March 19th, 2011 10:20 am

    Jangan mengolesi tali pusat dengan ramuan atau menaburi bedak, karena dapat menjadi media yang baik bagi tumbuhnya kuman, termasuk kuman tetanus

Tinggalkan komentar Anda





32 queries