Panduan Menu Makanan Bayi s/d Balita
Powered by MaxBlogPress 

Anak - Balita - Bayi

Warna-warni Musim Panas

TEMPO Interaktif, Musim panas belum usai. Sebelum bermain-main di bawah sinar matahari, jangan lupakan tabir surya dan panduan tren tata rias musim ini. Dalam suatu kesempatan, dr Titi Lestari, SpKK, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, pernah menyebutkan tiga langkah untuk membuat kulit wajah tampak indah: pembersihan, proteksi, dan riasan. “Riasan wajah diperlukan untuk menonjolkan kelebihan wajah,” katanya.

Hal senada diungkapkan penata rias Ira Sumardi. “Riasan wajah bukan untuk menutupi kekurangan, melainkan untuk menonjolkan kelebihan,” kata Ira di Jakarta baru-baru ini. Ia memberi contoh, penggunaan foundation bukan untuk keseluruhan wajah, “Tetapi hanya untuk bagian kulit yang kusam.”

Menurut Ira, riasan tebal tak baik buat wajah. “Selain berat, riasan ini bisa pecah bila terkena keringat atau sinar matahari,” kata peraih penghargaan Makeup Artist of The Year dari salah satu majalah gaya hidup itu.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pada musim panas tahun ini, produsen tata rias dunia menawarkan aneka warna, mulai neon pink, cobalt blue, lime green, cokelat, hingga oranye.

Leigh Campbell, editor kecantikan sebuah majalah gaya hidup, menjelaskan, selain warna nude dan alami, warna terang menjadi tren musim panas tahun ini. “Warna terang pada wajah atau kuku memberi kesan segar, terutama saat mengenakan pakaian berwarna netral atau pucat,” katanya dalam Australian Beauty Awards 2010 seperti dilansir SMH.

Novi Linlin, penata rias untuk Splash, punya penjelasan senada. Menurut dia, tren rias 2010 bermain di warna terang dan sentuhan metalik untuk memberi kesan festive look. “Warna metalik bisa dicampur dengan warna lain untuk memberi kesan glamor,” katanya dalam acara Summer Beauty Spree di Jakarta, Juli 2010.

Kemahiran dalam aplikasi warna diperlukan agar warna metalik tak membuat pemakainya mirip penampil sirkus. “Fokuskan hanya pada satu bagian wajah, misalnya mata atau bibir. Sesuaikan juga dengan kepribadian dan gaya sehari-hari,” kata peraih The Most Outstanding Makeup Artist di Asian Hairstyling & Makeup Competition 2009 ini.

The Face Shop pada musim panas ini meluncurkan kosmetik berwarna hijau. “Warna hijau memiliki banyak gradasi, tinggal memilih warna yang sesuai dengan kulit,” kata Poppy, penata rias dari The Face Shop. Menurut Poppy, perempuan berkulit sawo matang bisa terlihat semakin eksotis bila memakai riasan berwarna hijau, biru, atau ungu. Sedangkan OPI, produsen cat kuku asal Amerika Serikat, menawarkan empat cat kuku berwarna gradasi pink.

Meskipun banyak pilihan, warna nude dan alami juga menjadi tren. “Untuk yang fashionable, hobi berdandan, dan berani tampil beda, bisa mencoba riasan full color. Tapi bagi yang suka tampil alami, riasan natural dengan nuansa cokelat, nude, atau pastel pasti lebih cocok,” kata Ira.

L’Occitane, produsen perawatan tubuh asal Prancis, memproduksi tata rias untuk pertama kalinya pada musim panas ini. “Banyaknya permintaan membuat kami mengeluarkan lini makeup,” kata Sarah Damanik, Marketing Manager L’Occitane, dalam Makeup Press Event, baru-baru ini.

Kosmetik ini mengandung ekstrak bunga peony, bebas paraben, dan mengandung bubuk mika yang dilapisi mimosa. Semburat varietas peony, yaitu pink, fuchsia, cokelat, kuning, ungu, dan putih, menjadi pilihan. “Karena berbahan alami, tata rias kami juga berwarna alami,” ujar Sarah.

Selain lipstik dan lip balm, ada produk yang berfungsi ganda, seperti face powder, yang bisa digunakan sebagai perona pipi, dan eye shadow, serta tinted water, yang bisa digunakan sebagai lipstik dan perona pipi. Ada pula illuminating powder tiga warna yang bila dicampur dapat menutupi kemerahan, menutupi kekusaman, menyegarkan warna kulit wajah, dan bronzer, untuk mencerahkan rona wajah.

Penata rias untuk Make Up Factory, J. Ningsih, mengatakan pakem warna kini telah bergeser. “Kalau dulu orang memakai riasan sesuai dengan warna baju, sekarang tidak lagi,” katanya. Warna apa pun bisa dipakai kapan pun. “Yang penting, pengaplikasiannya dan kesesuaian dengan kepribadian si pemakai,” ujarnya.

Produsen kosmetik dari Jerman itu pada musim panas ini mengeluarkan bedak tabur berbahan dasar mineral. “Selain bebas minyak, bedak berbahan mineral ini tidak menutupi pori-pori. Cocok digunakan pada musim panas dan untuk yang sering beraktivitas di luar.” | AMANDRA MUSTIKA MEGARANI

Comments

Tinggalkan komentar Anda





19 queries